Modif Ninja 250

MODIFIKASI NINJA 250 
---------------------------------

Modifikasi Kawasaki Ninja 250R milik Alam ini kental aroma moge atau motor gede. Makin sip lagi, dia juga memasukkan nyawa moge Kawasaki di berbagai detail dan ubahan yang dicangkok pada Ninja ini.
“Sengaja memadukan unsur moge Kawasaki. Biar kompak karena satu merek. Mulai dari detail Kawasaki ZX6, ZX10, sampai ZX14 coba dipadukan,” pede Ananda Agus Witjax dari bengkel Witjax ModiZigner yang menggarap.
Paling kentara bisa dilihat dari pemasangan kaki-kaki depan. Witjax mengandalkan satu set copotan dari Kawasaki Ninja ZX6. Mulai dari segitiga, cakram depan, sampai setang dan gas spontan.
Copotan dari part ZX10 diwakili lewat pemasangan kedua bagian pelek berikut gir bagian belakang. “Kebetulan dapat paket roda ini satu set, jadi enggak usah repot cari merek lain,” lanjut builder berkacamata minus ini.
Lanjut untuk kondom tangki pada bodi desainnya meniru kontur atau lekukan Kawasaki ZX14. Pemasangan kondom tangki dari bahan serat fiber ini mendukung bodi motor jadi lebih melar. Dengan begitu, tongkrongan jadi lebih moge abis.
Namun niatan untuk pasang seluruh copotan moge Kawasaki terkendala dengan ketersediaan part limbah. Solusinya Witjax coba padukan dengan copotan milik moge dari pabrikan Yamaha.
“Copotan moge Kawasaki stoknya enggak sebanyak milik Honda atau Yamaha,” terang lajang yang buka workshop di Jl. KH. Hasyim Ashari, Komplek TU No. 9, Cipondoh Raya, Tangerang.
Memang diakui Witjax, ada beberapa detail yang diambil dari copotan moge Yamaha. Seperti pemilihan lengan ayun yang diambil dari arm Yamaha R6 versi special edition. “Lengan ayun ini istimewa. Modelnya paling sip dari moge lain di kelasnya,” argumen Witjax lagi.


Tidak hanya itu, roh Yamaha R6 juga melengkapi ubahan bodi motor ini. Seperti bodi pada buntut belakang yang  dibentuk dari serat fiber. Biar tampilan dan detail makin sip, dia juga mengawinkan dengan sepotbor dan stop lamp baru orisinal milik Yamaha R6.
Nuansa sporty coba dihadirkan Widjax lewat pemilihan warna dan grafis eye cathing pada seluruh bagian bodi Ninja 250R ini. Biar selalu jadi perhatian, motor ditempel grafis cutting sticker bendera Amerika dengan desain menarik. “Semula grafis desain bendera Inggris, tapi pemiliknya bosan minta diganti Amerika,” ucap Witjax.
Tarikan garis merah yang tebal memenuhi areal bodi bagian depan juga tangki atas sampai sepatbor depan. Sedang motif bintang di tempel di tengah fairing dan bodi belakang.
Asyiknya seluruh grafis bodi dibuat menggunakan teknik cutting sticker. “Untuk grafis saya punya alat cutting sticker khusus dan saya sendiri yang langsung mendesain,” urai builder kelahiran Medan ini.
Pengerjaan grafis bodi cutting sticker ini dipastikan enggak makan waktu lama. Terlebih kalau dibanding dengan proses pengerjaan airbrush. Keuntungan lainnya lagi, bila pemilik motor bosan, striping yang sudah menempel bisa langsung diganti tanpa harus ‘rawat inap’ lagi di bengkel.
Desain bendera Amerika yang jadi pilihan, selain keren juga enggak lekang dimakan zaman. Apalagi warna putih dipilih sebagai kelir dasar. Itu yang membuat tampilan Ninja 250R milik Alam secara keseluruhan jadi terlihat lebih menarik dan juga segar,” yakin Witjax lagi.
SPION CEMBUNG
Salah satu yang pa-ling menarik dan kreatif di modifikasi Ninja 250R ini adalah pemasangan spion. Alam tidak lagi mengandalkan bawaan Ninja 250R yang menempel pada ka-nan-kiri fairing depan.
“Diganti spion bawaan mobil dengan model kaca cembung yang dipasang tepat pada bagian tengah windshiled,” jelas Alam yang berprofesi sebagai juragan sapi potong ini.
Meskipun begitu, kaca spion ini bukan hanya sekadar pemanis. Namun tetap berfungsi sesuai dengan kaidah safety riding. “Pandangan ke belakang tetap terlihat jelas layaknya pakai spion standar,” tegas Witjax yang punya ide pemasangan kaca spion cembung ini.
DATA MODIFIKASI
Ban depan : Battlax 130/60-17
Ban belakang :180/70-17
Spidometer : Digital Koso RX2
Witjax ModiZigner : 085-6633-0226 ref.tantriarto

-------------------------------------------------------------------------------------------------

MODIFIKASI NINJA 250 (2)
--------------------------------------


Tersimpan cerita unik dalam pemilihan grafis yang nempel di Kawasaki Ninja 250R dari Purwokerto ini. Dengan motif Fiat Yamaha, yang pastinya enggak nyambung dengan Kawasaki. Selain itu, nomor start juga unik. Bukan 46 punya Rossi atau 99 milik Lorenzo, tapi malah angka 26 yang nongol. Wah!
“Saya senang dengan motifnya yang simpel. Berkesan kencang namun elegan. Kalau soal nomor start itu adalah nomor Wajib Militer (Wamil) waktu di Korea,” buka pria beken disapa Mr. Song ini.
Yuk kita bongkar ubahan motif bodi yang sedikit menyimpang ini garapan Pakdhe Cutting Stiker, Jogja. Motifnya halus dan nyaris tanpa cela, semua sisi digarap serius. Sebab Mr. Song ingin garapan detail dan nampak asli.
Makanya Pakdhe garap detail per bagian. “Ciri fokus pada garapan harus memperhitungkan proporsional bodi. Sebab jika tulisan motifnya terlalu besar atau terlalu kecil bakal mengganggu estetika,” katanya.


Bodinya sendiri digarap detail, dibantu Imam Susanto yang juga asal Kota Mendoan, Purwokerto. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai Supervisor Service Dealer Kawasaki Purwokerto ini memang gape dalam urusan modifikasi
Makanya Pakdhe garap detail per bagian. “Ciri fokus pada garapan harus memperhitungkan proporsional bodi. Sebab jika tulisan motifnya terlalu besar atau terlalu kecil bakal mengganggu estetika,” katanya.
Bodinya sendiri digarap detail, dibantu Imam Susanto yang juga asal Kota Mendoan, Purwokerto. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai Supervisor Service Dealer Kawasaki Purwokerto ini memang gape dalam urusan modifikasi.
Belum terlalu ekstrem memang, sebab Mr. Song memang ingin agar ciri bodi Kawasaki seperempat liter ini masih tetap nampak. “Saya cuma memainkan sedikit bagian tangki dan buntut. Selain lebih sporty, juga agar lebih padat,” cuap pengantin baru ini.
Untuk bagian tangki, pria nengok jika disapa Imam ini memainkan ornamen kondom agar tangki lebih sedikit gembung. “Sebab bagian atas tangki terlalu pipih, kurang mantap dilihat. Kalau bagian bawah dan belakang tangki masih sama seperti aslinya agar nyaman dikendarai,” jelas pria ramah ini.
Asyiknya Imam menerapkan sistem knok down pada pembungkus tangki ini. Sedang pada bagian belakang alias buntut, pria sedikit gemuk ini juga memakai fiber sebagai komponen penutup jok belakang. Modelnya bikin sendiri. Sisi sporty tetap ditonjolkan dengan aksen lancip dan rapat. Sehingga detail bodi secara keseluruhan jadi terlihat selaras.
Undertail juga ikutan dipermak. Tapi bisa dipastikan kalau tampilan akhirnya memang jadi lebih sip! (motorplus.otomotifnet.com)
DATA MODIFIKASI
Ban depan : Brigestone 120/70-17
Ban belakang : Brigestone 150/70-17
Lampu belakang : LED
Filter : KNN ref.tantriarto